Menghindari kel…

Menghindari keluhan sakit sewaktu menyusui. Pengalaman karena kurang rajin merawat sumber makanan bayi, akhirnya menanggung akibatnya sakit yang luar biasa. wow..meriang habis, dan tidak sebentar. asli ga ada enaknya, kecuali jika mengingat bahwa ini makanan yang terbaik untuk bayi, barulah bisa bertahan dan semangat meski kesakitan.

Buat para calon ibu yang mau sukses memberikan ASI eksklusif pada buah hatinya, mesti berkorban meluangkan waktu khusus untuk merawat ur breast. diolesi minyak dan dibersihkan dengan kapas mesti rutin dilakukan, bukan hanya itu pijat dan bersihkan lubang saluran air susu dengan diolesi minyak terlebih dahulu dan gunakan cutton bud untuk mengambil sumbatan yang ada pada lubang saluran air susu, kompres dengan air hangat. kira-kira begitulah perawatan rutin murah meriah dan membuat saluran ASI lancar.

Bagaimana dengan yang sudah terlanjur bayi lahir sementara perawatan belum maksimal, hmm…itu yang kualami. karena so sibuk, aku hanya olesi minyak dan membersihkan dengan kapas. alhasil beberapa bagian ada sumbatan terutama bagian atas. apa yang terjadi saat pascapersalinan? ASI tidak langsung keluar, tapi tetap menyusui untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD), dan merangsang agar ASI bisa segera keluar. tetap semangat meski hanya keluar air bening dari satu lubang, itu yang dinamakan colostrum, bagus untuk daya tahan tubuh bayi.  Berbagai cara apat dilakukan seperti; 1) makan sayur daun katuk campur dengan pepaya, hmm..seger pake goreng aya n nasi keyang dech.. 2) minum banyak air putih, jika lupa minum banyak air putih, mesti dipicu dengan camilan seperti kacang-kacangan, kacang kulit, kacang kedelai,  kebanyakan makan camilan itu, tentu haus minum dech banyak-banyak. 3) dipijat, dan dikompres  dan 4) minum obat pelancar ASI, banyak produk cari saja yang oke. dalam waktu dua hari lumayan banyak ASI yang keluar, hari ketiga jika sebalah kiri menyusui, yang sebelah kanan terasa keluar, ditamung saja menggunaan botol atau gelas. supaya saluran keduanya lancar.

bagaiman dengan luka/lecet..hmm itu yang membuat badan meriang. 2-3 hari belum sembuh juga, tetapi selama sakit itu, tetap menyusui, karena akan tambah sakit jika tidak dikeluarkan. caranya terus diobati dan terus dimimikan, hehe..terus juga meringis sewaktu menyusui..nasib tanggung jawab. obat luka pada puting susu, yaitu ASI. caranya oleskan saja ASI yang keluar ke seluruh bagian aerola/daerah hitam pada puting dan kelilingnya. biarkan kena angin beberapa saat. sesekali dikompres menggunakan air hngat begitu seterusnya. jika sakit demam karena sakit minum obat dech.. masih rempong juga tentu ke dokter untuk dapat pengobatan.

Selamat memberikan ASI, untuk aku sendiri dan friends mom.. semangat memberikan ASI eksklusif 6 bulan. agar anak sehat dan cerdas.  Amiin…  (new invest)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s