Otak…. O tak pernah lelah dan tua

Otak…. O tak pernah lelah dan tua

Merasa diri sudah tua, lama tidak lagi ada di dunia sekolah atau akademik, ketika masuk kembali belajar ke kampus, merasa lambat dan merasa tidak mampu, ujungnya minta ditoleransi. Hmm… no excuse, come on get up…cemunguud find the best way
Seandainya semua memahami karunia terbesar yang Allah berikan kepada makhluk, yang dapat melebihi dari makhluk lainnya, mempercayai manusia menjadi pemimimpin dan mampu menjadi umat yang terbaik karena manusia memiliki otak luar biasa. Wajah boleh tua, kulit bisa keriput, tapi otak makin tua justru makin cantik. Asal tahu cara merawat dan menjaganya.
Di otak kita ada miliaran neuron, namun seiring waktu ada yang terbakar dan tentu yang berfungsi tidak seluruhnya. Otak terbakar justru oleh kita yang menciptakan kehidupan, membuat rumit masalah yang kita ciptakan sendiri. Stress salah satunya, berapa banyak tak terbakar hanya karena merasa tertekan dengan masalah yang dihadapi. Lainnya bias karena makanan yang terlalu banyak omega 6- makan gaya American style-
Einstein dan Edison tokoh hebat dunia yang membuka cakrawala teknologi saat ini, konon baru mengoptimalkan 25% dari kapasitas otaknya. Artinya semua berpotensi untuk menjadi luarbiasa asal otak tidak cedera, rusak atau kelaianan.
Otak menyukai tantangan, sesuatu yang baru pastinya dan melibatkan emosi. Jika otak saja menyukai tantangan tidak perlu juga merasa takut dengan sesuatu yang baru. Jika berhasil melewati tantangan, banyak hadiah yang diberikan tubuh melalui kerja hormon. Dopamine misalnya dihasilkan ketika kita merasa senang dan berhasil selesaikan masalah. Tambah pengetahuan dan kepandaian sudah tentu dan membuat koneksi antar neuron pastiya makin kuat.
Kehebatan otak bukan karena banyaknya jumlah neuron, massa otak dan atau tengkorak kepala yang besar, tetapi ditentukan oleh koneksi antar neuron yang ada di dalamnya. Melalui stimulasi otak, belajar, latihan, selesaikan masalah dan berbagai aktivitas mengasah otak, tentu membantu meningkatkan hubungan antar neuron. Jika makin tua makin hebat, ada kecenderngan yang terspesialisasi dan itulah yang dikatakan crystal intelligence. Dominan pada satu kecenderungan dan menjadi kekhususnnya. sedangkan waktu masih kecil, anak-anak masih bersifat liquid, ia menyerap kemampuan apa saja yang distimulasi, suatu saat, tunggu ledakan hebat.
Terdapat beberapa cara agar otak tetep terjaga. Nutrisi –memberikan makanan terbaik untuk otak. Tentu salah satunya yang banyak mengandung omega 3, Sewaktu bayi berikan anak ASI, makan ikan- Japan style. Ikan yang disarankan tuna, salmon, menurutku makan ikan apasaja bagus, ikan segar air laut, air tawar Ok. Makan tomat, dan sayur.
Lindungi kepala dari bahaya, jika mengalami cedera dan kerusakan sulit cari gantinya. Genuine product and limited stock. Kalau rusak mau pesan kemana? So, gunakan helm ketika berkendara, atau kegiatan lain yang mengancam keselamatan otak di kepala.
Gerak, olah raga bagus untuk otak. Anak cerdas, anak aktif. Meski sulit hadapi tantangan zaman anak sekarang, yang hobi nongkrong depan layar TV, computer, Gadget, HP, etc tantangan orangtua untuk berkreativitas mengajak anak olahraga.
Ada hadiah dari tubuh untuk yang lakukan aktivitas fisik dengan riang dan ketekunan yaitu dopamine, serotonin, endorfin. …………… continue next time
Shan 1/3/2013. 06.08

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s