Bahasa Arab, Setiap Hari Dilfazkan, Apa Maknanya? Jangan Tanya

Bahasa Arab, Setiap Hari Dilfazkan, Apa Maknanya? Jangan Tanya
Hampir semua ritual mulim menggunakan bahasa Arab. Bacaan shalat, rangkaian doa menggunakan bahasa Arab. Alqur’an pun berbahasa Arab. Seyogyanya kita akrab dan faham dengan bahasa Arab, supaya dapat memahami Bacaan shalat, meski kadang dalam shalat bisa menangis padahal tidak faham keseluruhan arti bacaan, (so ngerti aja arti kata yang diucapkan). Doa yang diajarkan Rasul pun dalam bahasa Arab, meski kalau dalam doa kita bebas menggunakan bahasa apa saja, sekalipun tidak berbahasa yang terucap hanya air mata, Allah Maha mengetahui apa isi hati kita. isi Qur’an sebagai pedoman yang di dalamnya terdapat kisah, pelajaran dan petunjuk berbahasa Arab. Tetapi meski tidak faham bahasa Arab, rasanya masih ada toleran karena bahasa Arab yang kita baca sudah tersedia terjemahannya. Jadi ga blank bangeet..masih ngertilah kalau baca terjemahan.
Tidak paham bacaan Qur’an dalam bahasa arab, kita masih bisa baca terjemahan yang banyak beredar. Tidak faham arti bacaan shalat juga sudah tersedia bacaan shalat yang ada terjemahannya. Tidak faham arti doa yang sering dibaca atau doa yang mashur kita masih bisa temui juga terjemahannya. Ah… jadi merasa yaman dengan membaca artinya. karena tidak mudah juga mendapati tempat kursus bahasa Arab. (alesaan..) ya dibanding belajar bahasa yang lainnya yang mudah ditemui di tempat kurusus bahasa yang umumnya selalu ada seperti bahasa Inggris.
Sebetulnya banyak manfaat ketika kita mengetahui arti dari bacaan yang kita baca. Contoh baca Qur’an sejak kecil kita diajari membaca al Qur’an dalam bahasa Arab, sudah bisa baca Qur’an, fokusnya hanya baca dalam bahas Arab, tidak peduli apa isinya yang penting baca. Padahal ibarat sebuah perjalanan ke tempat entah berentah butuh panduan, dan Alqur’an adalah panduan untuk perjalanan yang special bukan saja di dunia tapi juga di akhirat. Perlu juga menghatamkan terjemahannya bagi yang tidak banyak faham bahasa Arab seperti saya. Akhirnya terjemahan sangat banyak membantu. Terima kasih para penterjemah yang telah mengantarkan makna dari apa yang dibaca dalam bahasa Arab.
Salam, semangat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s