Ibu Inspirasiku

Ibu Inspirasiku

Kehidupan adalah rahasia Tuhan. Kita tidak pernah tahu kapan ajal menjemput kita. Hari jum’at 6 September 2013 saya ke rumah Prof. Anna Suhaenah, beliau adalah dosen yang mengajar saya mata kuliah evaluasi program waktu saya ambil mata kuliah itu Tahun 2011. Kini Beliau juga promotor untuk disertasi yang sedang saya tulis. Kali ini saya berkunjung ke rumah Beliau bukan hendak bimbungan disertasi, namun ta’ziyah atas meninggalnya Bapak A. Soeparno suami Prof. Anna.
Tiba di rumah beliau jam 10an, saat itu keluarga; anak, cucu, menantu dan kerabat sedang melakukan shalat janazah yang dipandu oleh Bapak Arif Rahman Hakim. Karena sedang tidak shalat, aku sejenak turut hening dan berdoa untuk almarhum dan keluarga yang ditinggalkan. Selintas ku melihat lukisan pasangan Prof. Anna dan Almrhum ketika masih muda, tampak pasangan yang serasi. Lalu ku menatap janazah yang terbujur kaku, dengan wajah yang putih bersih. Almarhum berjuang melawan sakit jantung yang lama dideritanya.
Ada kekaguman pada sosok yang kuanggap orangtua sendiri. Sebagai seorang ibu yang juga memiliki puncak prestasi akademik, jabatan akademik dan tetap setia terhadap keluarga. Ketika beliau memiliki putra yang masih anak-anak, beliau lebih prioritaskan anak-anak di rumah, dan tetap mengajar selama tiga hari. Berkiprah penuh waktu saat anak-anak sudah besar. Beliau begitu fokus, memberikan yang terbaik, sehingga prestasi akademik sebagai guru besar pun diraihnya. Kepercayaan menjadi Rektor IKIP Jakarta pun dilakoni tahun 1992.
Hal yang menyentuh dan menginspirasiku adalah kesungguhan dalam mementingkan keluarga. Saat suami sakit ia fokus mengurus suami dan mendampingi hingga tutup usia. Meski banyak aktivitas yang ia lakukan, tidak hanya di UNJ namun juga di BAN PT dan Mendikbud ia tetap mampu membagi waktu dan membuat prioritas. Sungguh berkah yang tiada terkira mampu membuat pilihan terbaik. Kini diusia beliau yang tidak muda lagi, namun semangatnya nampak selalu muda, semoga Prof. Anna selalu sehat dan liputi keberkahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s