Sebelum Jatuh Sakit, Coba Cegah dengan Obat Dalam Diri

Sebelum Jatuh Sakit, Coba Obat Dalam Diri
Sesehat apapun tubuh, kadang tidak mengira akan jatuh sakit. (hee.. itu namanya tubuh tidak sehat ya..) Mulai dari sakit ringan seperti sakit perut, migran, demam, flu atau apalah. Kali ini saya merasakannya, wow..dingiin padahal badan hangat, nyeri badan ga keruan. Ini berulang padahal baru pekan kemarin ketemu dokter, komennya singkat, asam lambung tinggi, istirahat. Beres minum obat langsung cespleng kayaknya, jadi bisa beraktivitas dan wara-wiri (kayak tukang ojek). Ah ternyata, dia datang lagi, tubuh minta perhatian. Please… akhirnya aku mengurai apa salahku dan apa dosaku padamu hingga lowbat, seperti handphone kurang dicas.
Akhirnya saya mengaku dech… Pertama, dalam sebulan terakhir jarang olahraga, meskipun olahrga kurang maksimal, baru jalan pagi 10 menit, sudah rusuh dengan pekerjaan lain. sarapan dan bekal anak belum siap, jadwal ngajar pagi sudah dekat.. (alasan memang). Kedua, tidur sepertinya kurang maksimal, meski sampai 7 jam, tetapi kualitasnya kurang. Di tengah tidur Pake iklan buatkan susu bayi, ganti popok, dan kadang mimpi dikejar semut (klo mimpi ini pasti ngarang). Dua hal itu saja sudah jadi alasan kuat untuk membuat tubuh tidak sehat. Belum lagi kalau ditanya apakah mengalami stress? Hmm… rasanya tidak (tidak ngaku).
Sebenanrnya ini semua bisa diatasi, jangan sampai berlanjut, ini sinyal tubuh untuk lebih peduli dan mengatur hidup. Hidup sepenuhnya milik dan tanggung jawab diri sendiri. Sambil mengingat-ingat yang telah lalu, dan memperbaiki, akhirnya saya membuka buka seri Healthy Life. Tampak jelas kesalahan dan juga solusi yang mesti lebih ditekankan. Inilah point yang dapat saya ambil:
1. Memorizing
Menelususri track record aktivitas kebelakang. Apa kurangnya, dan apa lebihnya. Kalau untuk sakit ringan masih bisalah melakukan ini, sambil minum teh hangat, menyepi dan membeberkan aktvitas diri kebelakang, atau karena tubuh sedang terasa dingin, bisa sambil jalan dan gerak-gerakan badan. Sadar ini ada yang tidak beres dan segera perbaiki. Asli habis itu bobok lagi. Lemes euy.. ternyata langkah saya ini diragukan, ini membuat saya lelah. Jangan dipaksakan tentunya. Akhirnya sambil bobok mulai aktivitas lain, menghitung berkah.
2. Menghitung Syukur
Aktivitas bersyukur mempengaruhi aktivitas otak. Bersyukur menghasilkan energy positif. Kecemasan sebaliknya menambah berat dan merusak otak jika berkepanjangan. Saya coba tampilkan gambarnya, saya bukan ahli otak. Jadi hanya kutip gambarnya

Sumber: Daniel G Amen, Change Your Brain Change Your Body, 2012. h.249
Kurang jelas memang gambarnya, tetapi ini dari gambar di atas menunjukkan bahwa rasa syukur mengpengaruhi kerja otak tepatnya pada lobus temporal menjadi sehat. Sedangkan kecemasan dan rasa takut aktivitas lobus temporalnya menurun tajam. Jadi rasa syukur adalah berkah yang patut disyukuri karena otak menjadi sehat.
Akhirnya saya mulai menghitung syukur:
a) terima kasih buku-buku yang ada di kamar, yang pasti bukan datang sendiri tetapi ada banyak lantarannya. Ada yang sengaja membeli, ada juga yang sangat berbaik hati dan peduli meminjamkan bahkan memberi saya buku. Dengan ini saya jadi pintar. (ngaku2)
b) berkah anak-anak yang menyenangkan, meski saya terkadang kurang sabar, tetapi sesungguhnya saya sangat mencintai dan peduli mereka. (versi ibu bawel)
c) teman hidup yang pengertian. Sebenarnya saya bisa ambil air hangat sendiri, tetapi tanpa komentar dia tetap diberinya meski baru saja ganti celana bayi yang ngompol.
d) terima kasih untuk tempat yang nyaman ditinggali
e) puji syukur, laptop yang masih layak, printer yang oke dan modem yang lancar.
f) terima kasih juga listrik yang menyala, air kran yang jernih.
Dan seterusnya….
Ah nanti kebanyakan kalau ditulis semua di sini. Intinya masih banyak syukur yang tidak terhitung jumlahnya.
3. Meditasi
Olahrga yoga, meditasi juga membatu kesembuhan. Meditasi dan yoga memang dua hal yang berbeda. Tetapi masih berkaitan. Keduanya kerap dijadikan cara penyembuhan. Meditasi sebagai cara penyembeuhan alami bisa baca artikelnya Om Tjip. http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2013/11/12/meditasi-cara-penyembuhan-diri-secara-alami-610104.html.
Aktifitas ini membimbing pada ketenangan batin, kesadaran jiwa dan menyelaraskan diri ke dalam. Cara ini pula dapat mengatasi stress. Bagi saya doa dan shalat mestinya bisa dijadikan cara yeng tepat. Karena keyakinan pada Tuhan yang maha menyembuhkan. Terdapat banyak doa yang diajarkan untuk kesembuhan. Begitu pula dengan shalat asal dijaga koneksi atau keterhubungan dengan Khalik sejak awal dan sepanjang shalat memiliki efek yang lebih baik. Shalat dan doa merupakan ibadah yang memiliki dimensi kesehatan yang kuat.
4. Manajemen Stress
Stress adalah beban yang menumpuk sehingga membuat yang bersangkutan terbebani. Masalahnya mudah, karena tidak bisa menolak apa yang datang sehingga menumpuk dan sulit untuk mengaturnya. Kemampuan untuk mengatakan tidak adalah cara terbaik untuk mengatur aktivitas dan menghindari strees. Ini maksudnya tidak lantas berkata ‘tidak’ saat mendapat tawaran atau kesempatan baru, tetapi dengan bijak dapat dikatakan “saya pikirkan dahulu’ artinya kita menyesuiakan dengan segala sesuatu yang ada dengan tujuan dan fokus yang dijalani.
5. Tertawa
Tertawa dinggap baik bagi system kekebalan tubuh, karena tertawa dapat menurunkan poduksi hormone stress. Tetapi sayang orang dewasa sudah tidak sebanyak anak kecil tertawa. Anak-anak lebih mudah tertawa melihat sesutau yang orang dewasa tidak terdorong untuk tertawa. Saat yang tepat mulai menertawakan diri sendiri, sebelum orang lain menertawakan.

Sebenarnya cara di atas lebih banyak untuk menjaga kesehatan, menghindari atau meredakan stress. Jika ada sesuatu yang sakit bersifat fisik, tentu ke dokter berobatlah. (ada dokter Wahyu kan…) Namun setidaknya aktifitas ini dapat mengurangi nyeri dan membantu kesembuhan.

Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s