Mengapa belajar dari kesalahan, emang bisa?

Mengapa belajar dari kesalahan, emang bisa?

Dalam sepanjang hidup tidak ada manusia yang tidak berbuat salah. Jika manusia pasti ada salahnya, sifat salah dan lupa itulah yang melekat pada diri manusia. Kalau selalu salah bukan manusia namanya, ada makluk lain ciptaan Allah yang melulu salah. Kalau selalu benar juga bukan manusia, ada makhluk yang Allah ciptakan dengan selalu benar, patuh pada yang benar. Dua makluk itu tidak terlihat oleh kita (So pasti belum pernah kenalan tentunya). Tidak tahu juga kalau mereka kenal kita, atau selalu mempengaruhi kita sesuai dengan sifat bawaannya. Ada yang bisikan dan mempengaruhi pikiran kita untuk berbuat tidak baik. Atau sebaliknya. Sesuatu yang memang abstrak. Namun sebagian informasi makhluk ciptaan Allah seperti keberadaan dan sifatnya dapat kita temui.

Kembali kepada manusia yang memiliki sifat salah dan lupa. Dua hal ini sesungguhnya anugerah yang luar biasa. Satu hal yang terpenting salah itu wujud nyata, tidak mungkin ada salah dalam kekosongan. Salah mesti melekat pada sesuatu yang telah kita lakukan. Salah wujud yang telah diperbandingkan. Dikatakan salah karena ada pembandingnya yaitu ukuran atau patokan yang dianggap betul. Salah menurut kita belum tentu salah menurut orang lain, karena betul atau benar menurut manusia relatif. Kecuali kebenaran yang berasal dari Tuhan, itulah kebenaran yang hakiki. Bagaimana bisa belajar dari kesalahan? Sesuatu yang salah bukan untuk diikuti. Salah bukan contoh yang baik untuk diikuti. Salah mesti diperbaiki.

Salah dan memperbaiki adalah proses kerja, karena itu hal yang luar biasa adalah karena orang yang salah dan memperbaiki artinya sudah melakukan sesuatu. Melakukan adalah hal penting. Apapun ceritanya salah ataupun benar hasil itu persoalan kedua. Lebih mudah memperbaiki yang salah karena wujudnya ada. Lebih terasa belajar dari kesalahan karena telah melakukan. Lebih mengesankan belajar dari kesalahan karena seluruh perhatian telah tercurah. Melakukan sesuatu dan proses memperbaiki menjadi sesuatu yang sangat bermakna.

Jangan takut salah, takutlah jika tidak berbuat sesuatu dalam hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s