Bersiap dengan Masa Depan

Manusia, waktu dan pengalaman tiga hal yang terkadang jika salah memberikan hubungan dan makna yang terkait membuat kekacauan hidup. Seiring waktu yang dilalui terdapat beragam macam pengalaman yang dirasakan. Pengalaman bagian dari sisi kehidupan pribadi yang membedakan manusia satu dan  lainnya. Meskipun dibesarkan dalam lingkungan yang sama, penerimaan dan pemaknaan akan apa yang terjadi membuat manusia unik satu dengan lainnya. Keunikan dan dinamika sifat dan sikap manusia, tidak dapat menghasilkan sebuah kesimpulan akan pribadi orang dan diri kita sekalipun.

Terdapat sisi yang sulit dimengerti atas diri sendiri terlebih orang lain. Secara logika bisa mengatakan mestinya begitu, harus begini, dan kudunya begono.. Tetapi saat unsur lain turut bekerja dalam diri seperti emosi dan nafsu tidak mudah mengatur dengan kata semestinya. Itulah keadaan konflik yang terjadi pada struktur manusia yang menurut Freud pertentangan antara Id dan Super Ego.

Tidak mudah untuk memenangkan norma dan menjalankan norma, butuh kekuatan, dukungan, dan penyadaran agar tetap mendahulukan norma dan berjalan tanpa pertentangan yang berlarut.

Saat waktu mepet pergi ke kantor, jalann  macet, ada ruang kiri dan kanan jalan kosong yang bisa dilewati kendaraan, tetapi bukan line yang seharusnya. Apa yang  akan dilakukan? Saat Pria berisitri, menyukai gadis kinyis-kinyis yang hampir sama dengan anaknya, dan ternyata gadis kiyis itu juga suka, karena pria sudah menikah lebih terlihat gagah dan mapan (ingat  tulisan mbak Ellen Maringka, mapan karena kartu platinum di tangan), Apa yang akan dilakukan pria gagah atau gadis kinyis itu? Menangani Proyek miliaran di Departemen yang mesti disalurkan dengan prosedur yang seharusnya, lalu ada yang ingin mendapatkan tanpa perlu melalui proses, dengan imabalan sekian persen dari rupiah yang diterima, apa yang akan dilakukan? Banyak hal yang saat itu, dituntut bertindak, tindakan mana yang dipilih itu hasil dan keputusan dalam diri Anda.

Memang tidak mudah mengenal pribadi, terlebih pribadi orang lain. Namun sesunguhnya yang mengenal diri seutuhnya adalah diri sendiri. Karena itu jika kita sudah mampu mengenal diri seutuhnya sesungguhnya kita mengenal akan penciptanya.  

Tindakan masa lalu yang dimenangkan oleh nafsu, mengesampingkan yang seharusnya diakumulasi menjadi sejumlah pengalaman. Kesalahan tindakan tidaklah menjadi kesalahan seutuhnya. Manusia terus berposes, kekeliruan tindakan di masa lalu menjadi sebuah pelajaran dalam hidup. Betapa berharga memiliki pengalaman yang mesti dibayar mahal, bukan saja materi tetapi harga diri.

Pembelajaran untuk tidak masuk dalam lubang sama  untuk kedua kali dan berbagi pengalaman agar tidak ditiru adalah hadiah terbesar yang diberikan dari sebuah pengalaman yang dianggap keliru.

Image

Seburuk apapun masa lalu, masa yang akan datang tetaplah suci, begitu kira-kira kata Mario Teguh. Hidup untuk masa depan lebih optimis, bersiap meraih kesuksesan dan kebahagian dengan lebih matang.

 

Menjadikan  pelajaran dari masa lalu dan  menjadikan pribadi bermutu. Membuka kesempatan untuk masa depan yang lebih baik. Tentu membuka dan mengerjakan hal-hal baru yang dianggap perbaikan diri. Memperbaiki sikap, memandang optimis hidup dan bersemangat dengan kebaikan-kebaikan.

Hal-hal lama yan telah merugikan tentu tidak digunakan lagi. So pasti, hendak membuat sesuatu yang baru, dengan cara lama mustahil jadi baru. Menargetkan yang lebih baik dengan usaha-usaha lama yang telah menggagalkan juga bukan hal yang tepat. mengambil bagian yang baru dan meninggikan standar dilakukan dengan cara-cara yang baru dan lebih dari sebelumnya, memungkinkan untuk hasil yang berbeda.

Think  right and do it now

gambar: Shared From : http://explorequotes.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s