Bahagia adalah sebuah keputusan # Bahagia 2

Keberagaman emosi yang ada pada diri manusia memungkinakan untuk merasakan berbagai emosi yang dilalui dalam hidup termasuk rasa bahagia, duka, gembira, sedih, senang dan kecewa. Rasa yang terkait dengan bahagia, senang dan gembira tentu memancarkan aura dan sikap yang berbeda dengan perasaan seperti sedih, duka, dan kecewa. Tidak perlu tips banyak hadapi rasa bahagia, selain tetap bersyukur, tidak berlebihan dan tetap tenang.

Berbeda dengan rasa yang satu ini, butuh waktu, proses dalam melewati rasa seperti sedih, duka dan kecewa. Rasa ini dibutuhkan namun jika terlalu lama, terjebak dalam rasa itu, sangat merugikan kehidupan. Untuk bisa tegar, butuh tetap tenang dan menjadikan pelajaran adalah langkah penting dalam mensikapi rasa kurang menyenangkan itu.

Tidak sedikit orang mengalami ketenangan setelah ditimpa duka dan sedih, namun saat ada respon terkait dengan masa lalu, seperti membangkitkan kembali kenangan sedih, dan akhirnya  perasaan sedih itu datang lagi. jangan biarkan sedih menetap terlalu lama. Banyak cara untuk memilih hidup bahagia. Seperti tulisan yang lalu, selain mengubah pikiran yang selama ini membaut sedih juga lakukan hal terbaik yang dipikirkan.

Image

Kata-kata nasihat dan penyemangat menjadi bagian penting dalam membangun jiwa. Dimanakah yang membuat hati menjadi tenang dan tetap semangat, disanalah jiwa tumbuh. Ketimbang melihat kenangan sedih lebih baik membaca butiran kata pembangkit semagat.

Saya dapat beberapa tips yang mungkin bisa membantu meringankan sedih yang sedang duka seperti sahabat muda yang galau ditinggal sahabat yang dianggap setia, dan  harapan-harapan  yang masih tak kunjung tiba.

Satu pilihan dalam hadapi itu semua, berbahagialah. Karena bahagia adalah sebuah pilihan yang mungkin dan dapat diciptakan. Ini beberapa komentar yang didapat dari tulisan mengubah sedih menjadi bahagia, bisa dijadikan tips tetap bahagia.

Tjiptadinata Effendi: Mbak Santi,tulisan yang inspiratif.. setuju: mengubah mindset.. Change your mind and your life will be change. 30 January 2014 05:57:31

 Akang Sepuh: Pada keadaan sedih yang amat sangat, kadang pikiran tidak terlalu jernih, kemudian larut dalam kesedihan. Saat seperti inilah diperlukan teman atau sahabat, membantu sedikit demi sedikit untuk melupakan kesedihan.
Seperti artikel ini contohnya. Terima kasih Mbak Santi ini, juga sahabat Kompasiana yang lainnya.  30 January 2014 08:56:48

Ifani: Selalu berdoa, jalan selalu ada  30 January 2014 06:18:51

Bain Saptaman: hidup sekali….kenapa harus sedih?? Hehehehe nikmati pekerjaan…. nikmati segala rizki-Nya. 30 January 2014 07:24:22

Inti dari komentar di atas adalah mengubah mind set, memiliki teman sahabat, selalu berdoa, nikmati aktivitas yang ada dan segala karunia yang Tuhan berikan kurang lebih begitu cara sahabat kompasiana untuk mengatakan don’t be sad.

Di wall fb saya ada kata-kata manis dari Mario Teguh yang masih relevan dan sayang untuk dilewatkan.

  1. Telanlah rasa sedihmu, bersabarlah, dan lakukanlah kebaikan yang membahagiakan keluargamu. Tuhan mentenagai jiwa yang tabah.
  2. Kebahagiaanmu ditentukan oleh sudut pandangmu, yaitu melihat ke arah kehidupanmu melalui sudut yang baik.
  3. Tegaslah meletakkan masa lalu di masa lalu.
    Jangan ijinkan penyesalan masa lalu Anda melemahkan kehidupan Anda hari ini. Masa lalu. Lupakan sakitnya, ingat pelajarannya.

Bagi yang sedang merasa, kadang kata-kata itu menjadi nasihat yang dalam. Jika masih ragu melangkah artinya memang ingin sedih itu berlama-lama dan tidak ingin bahagia yang lain datang.

Hidup pilihan, rasa yang ingin dinikmati juga dapat dipilih. Saya tetap pilih bahagia.🙂

 

Note:

Terima kasih dan mohon maaf kepada yang memberikan masukan/komentar yang telah saya kutip.  

gambar:tweakyourbiz.com –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s