Ciri Hidup ya.. Berubah

Bukan hidup namanya kalau tidak berubah. Ciri hidup itu berubah, buktinya lihat saja fisik kita dari mulai bayi terus berubah sampai saat ini. perubahan dalam hidup adalah keniscayaan. Tidak perlu takut untuk berubah dan jangan pesimis tidak berubah. Secara fisik kadang orang menahan datang perubahan, merasa takut dengan perubahan, yang tadinya kulit segar, takut kerut, rambut hitam lebat takut jadi putih dan bisa dihitung. Berbagai cara dilakukan pakai anti kerut, anti penuaan dini.  Boleh-boleh saja dilakukan, tetapi ada yang mesti disadari cepat atau lambat menua itu pasti. Menerima serta menyesuiakan diri dengan masa tua adalah tugas penting hidup pada masa tua.

 Image

Gambar: الطريق الى الله

Perubaahan secar fisik tidak perlu ditunggu dan dipelajari banyak, itu alami dengan sendirinya terjadi. Menjaga dn merawat fisik sudah tentu, karena merupakan kewajiban menjaga karunia Tuhan. Ada hal yang jauh lebih penting isi kepala dan isi hati yang waktu kita lahir belum banyak isinya, itu yang mesti diperhatikan. Berubah dari yang tidak tahu menjadi tahu, berubah dari hati yang keras menjadi lembut. Tentu perilaku beriiringan dengan hati dan pikiran. 

Pengalaman hidup dan belajar membuat orang berubah. Mencerna apa yang dilakukan dan mana yang terbaik untuk dilakukan. Karena itu perubahan adalah sesuatu yang progressif. Mundur juga berubah tapi itu identik dengan kata kemunduruan. Berubah adalah maju ke depan dan bersifat positif. Berubah adalah bergerak. Betapa dinamis hidup ini dan tentu optimis dengan bergerak akan menemukan hal-hal baru yang tidak pernah kita duga.

Betapa bergerak itu penting.Teringat dengan tulisan Iqal, seorang pembaharu, yang lama pernah ku ingat, sebagai teman penyemangat, kalau tidak salah ini bunyinya

“Berhenti tidak ada jalan di tempat ini

Sikap lamban berarti mati

Mereka yang berhenti sejenak sekalipun pasti tergilas”

Zaman terus berubah, sikap fleksible dan adaptable menjadi kekuatan dalam mengarungi perubahan. Jangan galau hadapi masalah, bergeraklah perubahan akan datang. Jangam apatis dengan sesuatu yang baru, cobalah, perubahan akan terjadi. Berpikir positif dengan perubahan sesuatu yang positif pasti datang.”Think positive and positive thing will happen.

 Image

Gambar: rofi-al-chemy.blogspot.com

Apapun yang terjadi nikmati, bergeraklah, perubahan akan datang, dan itulah Hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s