Adil kepada Anak

Adil kepada Anak

 

Anas mengemukakan sebuah riwayat, bahwa ada seorang laki-laki tengah duduk-duduk bersama Rasulullah SAW, lalu datanglah anak laki-laki orang tersebut. Kemudian orang itu mencium anaknya dan mendudukannya dipangkuannya.

Kemudian datanglah anak perempuannya, lalu diambilnya dan didudukkan disebelahnya. Melihat hal ini, Rasulullah kemudian bersabda:”kamu tidak adil kepada mereka berdua.”

Adil adalah mendapatkan hak yang sepatutnya didapat. Anak laki-laki maupun perempuan berhak mendapatkan perlakuan yang adil dari orangtua. anak berhak mendapatkan kasih sayang, ciuman kasih sayang dari orangtua dan perlakuan adil lainnya dari orangtua.

Saat Rasulullah melihat orangtua yang kedatangan anak laki-laki kemudian dicium dan didudukan di pangkuannya, sedangkan saat anak perempuannya datang, hanya diambilnya dan didudukan di sebelahnya. Perilaku orangtua ini ditegur oleh Rasulullah dengan mengatakan bahwa, Orang itu tidak adil kepada kedua anak tersebut.

Perlakuan yang sama dan tidak membedakan karena mereka juga sama sebagai anak. Terasa kurang nyaman diperlakukan tidak adil, ada rasa sedih dan bahkan bisa berupa kecemburuan. Suasana yang tidak lagi menjadi indah jika di antara sesama anak saling cemburu, curiga, dan bahkan cenderung perilaku negatif yang muncul jika orangtua tidak hati-hati dalam berlaku adil kepada anak.

Kisah Nabi Yusuf as sewaktu kecil, amat disayang oleh Ayahnya. Kesayangan dan kecintaan Nabi Yakub as, kepada Yusuf membuat iri hati dan cemburu anak-anak yang lain. Namun ketidakmengertian anak-anak yang lain, seolah mereka tidak diperlkakukan dengan adil yang terus tumbuh, maka perilaku negatif yang lain mengikutinya. Membuat jebakan dan menghilangkan Yusuf dari keluarga direncanakan dan dilakukan saudara-saudara yang lainnya.

Tentu kita tidak ingin karena anak-anak tidak faham dan salah mengartikan dari perlakuan orangtua terhadap mereka, membuat anak-anak merasa diperlakukan tidak adil. Berlaku adilah sebagai sebuah kebaikan bagi anak-anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s