Capres, Media dan Berita

Capres, Media dan Berita

Seliweran berita dari para pendukung capres di media akan segera berakhir. Senang sekali rasanya. Karena bebas mumet dari berita tentang capres yang kadang juga ‘alay’. Setiap kali buka facebook, begitu getol orang-orang memberikan berita-berita tentang capres dukungannya yang kadang tidak jelas sumbernya.

Isi di group BBM pun sama, segala berita tentang capres juga kiriman tentang keburukan capres hadir dua-duanya. Bahkan kadang berita yang sama, angka statistiknya sama, mereka broadcast hanya dengan mengganti nama capresnya, jika buruk tentu gunakan capres lawannya. Saya dapat beberapa isi berita demikian yang kontennya sama hanya berganti nama capresnya, mendadak ingin muntah bacanya. (Untung masih punya obat mual muntah, jadi ketahan muntahnya).

Buka blog keroyokan juga sama, Banyak bloger menunjukkan keberpihakannya pada capres yang mereka dukung. Sangat normal, menunjukkan keberpihakkan, mereka tayangkan tulisan yang isinya alasan-alasan apa sebab mereka dukung capres tertentu. Ada bagusnya juga sehingga ada alasan yang dikemukakan menjadi berita baru tentang capres tertentu, meski terkadang subyektif. Tidak salah juga, karena mereka mencantumkan tulisan mereka pun dalam kolom opini artinya memang pendapat mereka sendiri bukan reportase. Argumentatif, sharing and connecting menjadi sah-sah saja bagi bloger menulis apa yang dipikir, dilihat dan dirasa.

Tidak hanya jejaring social yang sesak dengan berita capres, Televisi pun sama, salah satu TV bahkan dau atau tiga TV, getol mengupdate dan megabarkan kegiatan dan apapun yang terkait dengan capres, dan tentu isinya keberpihakan salah satu capres, Sedangkan capres lawannya bilapun muncul tentu berita yang tidak menguntungkan. Misal hasil survey yang tentu akan pilih yang menguntungkan capres dukungannya, pun sebaliknya di chanel tetangga yang juga dukung capres tertentu. Karena berita yang tendensius, Saya bisa tandai jika masuk tempat umum misalnya Bank, atau lembaga tertentu, TV apa yang dipanteng terus? Dari beberapa siaran TV yang tendensius itu. Saya jadi iseng berkesimpulan kalau tv tertentu yang di stay tune terus artinya bisa jadi itu memang capres pilihannya. Padahal belum tentu juga..

Awalnya saya memang tertarik untuk mengetahui latar dan peta politik kedua capres itu. Tetapi sering menemukan bacaan yang kadang berlebihan tentang kedua capres itu, bahkan saling melontarkan sesuatu yang tidak nyaman bacanya, kelamaan muak juga. Tentu bukan dengan pribadi capres atau cawapres tetapi para pendukung fanatik, yang sepertinya saling bertempur membentuk opini di dunia maya, ‘cyber army’ tidak peduli itu isinya belum tentu benar. Karena saya tidak tertarik mengecek kebenarannya, maka saya pun tidak percaya dan tidak membroadcast tentang itu.

Beberapa hari lagi seliweran berita tentang capres dan cawapres akan segera berakhir. Tanggal 9 Juli 2014 menjadi berita baru lagi, karena tentunya sudah ada capres yang terpilih. Saya doakan semoga Capres yang terpilih mampu membawa bangsa ini menjdi lebih baik. Siapapun itu semoga yang terbaik untuk bangsa.

Yang paling saya syukuri saat ini adalah perang berita dari pendukung fanatik capres akan segera berakhir. Group di BBM, status di facebook dan tweeter tidak lagi jadi media bersaut dukung salah satu capres. Kopdar dan obrolan kawan tidak lagi terdengar keras dukung satu capres dan rendahkan capres satunya. Meskipun itu sah-sah saja, dan mereka juga sadar, jika capres mereka menang, tetap saja mereka kembali bekerja, pertemanan dan persaudaraan. Moso hanya beda pilihan jadi berlanjut pada hal-hal lain yang kurang menyenangkan.

Saya percaya dalam hati mereka peristiwa ini hanya sebuah musiman, yang tidak akan memecah pertemanan dan persaudaraan. Semoga Bulan Ramadhan menjadi filter dan pembersih atas segala perilaku yang kurang berkenan, Pilpres ini masih ada dalam nuansa bulan suci Ramadhan Semoga bisa mengembalikan kejernihan hati dan kebeningan fikir.

Salam damai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s