Evaluasi Responsif

Apakah evaluasi yang lain tidak bersifat responsif? Pertanyaan ini sering terdengar manakala banyak model evaluasi yang digunakan dalam penelitian evaluatif, apakah dari sekian banyak tidak bersifat responsif? Evaluasi pada hakekatnya adalah proses penilaian terhadap suatu objek dengan mengumpulkan berbagai informasi dan informasi itu digunakan sebaagai alat untuk menentukan keputusan. Sulit memang pekerjaan evaluasi dengan berbagai proses yang dilaluinya tanpa menghasilkan sebuah kepetusan.

Keputusan itu sebenarnya menjadi akhir dalam kegiatan evaluasi. Keputusan terhadap objek yang dievaluasi entah itu program, atau kebijakan tidak mesti mengatakan bahwa program atau kebijakan itu dilanjutkan, dihentikan atau diperbaiki. Tetapi ada yang penekanan evaluasi yaitu dengan menunjukkan kelebihan dan kekurangan sebuah program. Penelitian Evaluasi memiliki beragam pendekatan. Ada yang bersifat kuantitatif, kualitatif dan juga penelitian tindakan. Masing-masing pendekatan memiliki ciri tersendiri.

Evaluasi responsif merupakan model penelitian evaluatif yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang lebih bersifat fleksibel, dengan mampu mendengarkan pandangan dari beragam perspektif yang berbeda. Pendekatan yang bersifat informal, dan tentu terkadang mempertaruhkan idealisme dalam pengukuran untuk mendapatkan kemanfaatan. Tidak menggunakan cara yang ketat dalam mengembangkan alat ukur dan juga perhitungan statistik.

Evaluasi responsif bertolak belakang dengan evaluasi yang bersifat preordinate. Penelitian evaluatif bersifat preordinat yaitu pada umumnya menggunakan desain eksperimen, mengembangkan hipotesis, pengambilan sampel dengan cara random, tes objektif, dan laporan sebagaimana layaknya laporan penelitian. Sedangkan penelitian responsif mengambil sampel dengan cara purposive, mencari informasi dari pihak yang bersebrangan, dan laporan bersifat ekspresif atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Evalausi responsif sebenarnya masih memiliki hubungan yang kuat dengan evaluasi model countanance, karena memang evaluasi responsive juga digagas oleh Stake yang mengagas evaluasi countanance. Karena itu dalam sejumlah hal tertentu masih terdapat pengunaan cara-cara yang digunakan dalam countanance juga digunakan dalam evaluasi responsif , seperti analisis data dalam countanance berupa matrik antesenden, transection dan outcame yang ada dalam matriks deskriptif dan matrik judgment digunakan juga dalam menganalisis data pada model responsive.

Pada matrik deskriptif terdapat kolom intens dan observasi. Kolom ini menunjukkan hal yang semestinya dengan hal yang terdapat pada hasil observasi. Sedangkan kolom judgment terdapat kolom standar dan kolom judgment. Standar merupakan tolak ukur dalam mengambil keputusan. Membandingkan kenyataan dengan tolak ukur yang ada maka dapat menghasilkan keputusan.

Dalam evaluasi responsif lebih dikenal isu ketimbang rumusan masalah. Isu merupakan hal penting yang menjadi kajian, atau sebuah studi evalusi. Hal yang menjadi permasalahan dalam sebuah program dapat menjadi isu dalam penelitian. Karena itu pemahaman awal akan program yang dievaluasi dapat memudahkan dalam menentukan isu.

Evaluasi responsif memiliki kebebasan yang luas, tidak bersifat kaku dan lebih adaptif terhadap persoalan yang berkembang. Kemampuan melakuan interaksi yang dapat menyerap berbagai informasi menjadi andalan dalam mengumpulkan data. Tentu tidak mudah ketika mengevaluasi sebuah program yang peneliti ada diluarnya, dan melakukan evaluasi dengan inisiatif sendiri. Namun ini menjadi tantangan seberapa besar tingkat kesulitan yang dihadapi dan setajam apa sensitivitas peneliti. Karena jika peneliti terlibat atau ada dalam program, tentu senitivitasnya akan berbeda dengan yang berada diluar. Namun kelebihan bagi yang terlibat didalamnya memiliki pengetahuan yang banyak akan program yang dievalusi. Serta kemudahan dalam melihat kondisi yang tepat untuk melakukan kegiatan evaluasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s