Kematian Sungguh Dekat dengan Kita (Mengenang kepulangan Rekan Dosen Dr. H Fakhrudin (Alm) # Selasa, 29.10.14)

Semua kita akan mengalami kematian. Saat kematian itu tiba dan terjadi pada rekan yang senatiasa berinteraksi dengan kita, rasanya sungguh mengejutkan. Namun itulah kematian, tidak pernah mengenal tanda akan datangnya kematian, jangan pernah berpikir yang tua dan sakit-sakitan akan lebih dahulu meninggal, karena kematian bisa datang dan tidak mengenal usia dan sakit atau pun tidak. Kematian memutuskan kehidupan dan sejuta rencana.

Sebagai akademisi, beliau telah menulis buku dan menyelesaikan studi hingga jenjang akhir S3. Di samping itu Jabatan struktural di Perguruan Tinggi dan lembaga sosial masyarakat serta tugas kedinasan di Pemerintahan dapat dilakoninya secara bersamaan. Tugas yang cukup banyak membutuhkan waktu untuk bisa dijalani dengan maksimal. Kepangkatan fungsional pada tingkat lektor kepala pun sedang beliau lakukan ada dalam proses pemeriksaan di Dikti.

Pengurusan kepangkatan fungsional yang beliau lakukan menginspirasi saya untuk mengurus kepangkatan fungsional. Dalam waktu yang singkat saya mencoba menyusun dan merapihkan dokumen kegiatan mengajar, sertifikat seminar, laporan penelitian dan pengabdian. Karena saat itu ada masa tenggang sebelum pemberlakuan peraturan persyaratan yang baru untuk kepangkatan lektor kepala. Akhirnya proses pengurusan kepangkatan saya bisa berbarengan dengan yang dilakukan oleh beliau. Pengurusan perizinan dengan koordinator perguruan tinggi swasta (Kopertais) dan melalui lintas Kementrian (Diktis dan Dikti) memang bukan hal yang mudah, namun itu dapat bertahap dilalui, kini sedang menunggu hasil pemeriksaan Dikti.

Beberapa pekan yang lalu, sempat akan mencoba mengecek progres kepangkatan dengan beliau ke Dikti, setelah sebelumnya saya memastikan bahwa berkas beliau sudah selesai pemerikasaannya di Diktis dan berkas sudah beralih ke Dikti. Namun karena sudah dapat informasi sedang dalam proses, kami sementara membatalkan untuk berangkat mengecek progres kepagkatan. Cukup sementara menunggu hasil dari Dikti, hingga tulisan ini dibuat dan beliau telah berpulang, saya pun belum mengecek kembali.

Beliau orang yang cukup responsif terhadap permasalahan orang yang perlu bantuan. Hubungan yang luas dengan berbagai kalangan memberikan kemudahan bagi beliau untuk lebih banyak memberikan kebermanfaatan kepada orang lain. Beberapa teman merasakan bantuan yang tidak diduga, beliau bersedia membantu dengan senang hati. Mungkin itu pula yang menyebabkan beberapa rekan yang sempat membawa tandu almarhum merasakan begitu ringan saat mengangkat tandu itu, padahal ukuran tubuh beliau cukup berbobot. Terlepas dari dugaan karena yang mebawa tandu itu lebih dari satu orang bisa jadi terasa ringan. Namun kita percaya kebaikan dan keridhoan Allah membuat jiwa ingin segera memasuki gerbang hari akhir dan bertemu yang Maha Memiliki jiwa dan raga.

Kiprah beliau di Keluarga Muslim Bogor (KMB) pun menjadi kekuatan dalam dakwah. Namun sayang saya dan beberapa teman yang bersedia mengabdikan diri, memiliki beberapa rencana namun karena kesibukan dan waktu yang belum tepat belum sempat untuk membicarakan program yang bisa dikerjasamakan. Bahkan setiap kali beliau mengirim pesan yang berisi undangan silaturahmi bulanan KMB berupa acara pegajian, di salah satu hotel syariah binaannya belum berkesempatan saya dan teman-teman hadiri.

Hidup memang terlalu singkat, rencana yang kita buat kadang melebihi batas kotak usia kita. Namun siapa yang mengetahui batas kotak usia itu, yang pasti kematian itu dekat dan sangat dekat. Siapa pun kita tidak pernah bisa menduga kematian itu akan datang. Karena itu mengingat kematian dan waspada kematian akan menghampiri kita, menjadi alat kontrol dalam perilaku. Siapa pun kita tentu berharap akan akhir yang baik, khusnul khotimah. Semoga kita tetap istiqomah dalam kebaikan hingga khusnul khotimah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s