BERHASIL ITU TIDAK WAJIB

 

Kehidupan terkadang melenakan, segala rutinitas memadati hari yang datang, seolah penting, padahal jika sejenak diam dan bertanya manakah yang terpenting, tentu ada yang lebih penting. Hidup memang harus pandai mengatur layaknya sebuah piranti yang hendak digunakan, tentu perlu diprogram dan diperhatikan cara kerja dan keberhasilannya. Tetapi juga bukan robot yang mengerjakan rutinitas tanpa jiwa.

Ada kegelisahan saat apa yang membuat hati senang melakukannya tiba-tiba termakan oleh kegiatan keseharian. Bekerja di siang hari dan tidur lelap di malam hari, dan seterusnya. Padahal ada sebuah mimpi yang harus dibangun yang tidak cukup waktu hanya dengan mengerjakan tugas harian. Namun entah apa yang membuatnya seolah apa yang menjadi komitmen dengan diri sendiri kadang melemah. Padahal ada mimpi yang didambakannya. Memang kita harus pandai mengelola waktu dan memanfaatkan kesempatan.

Beruntunglah sahabat baik ada dimana-mana. Seperti oase yang memberikan kesegaran pada dahaga yang hampir mengering. Mengingatkan akan banyak hal yang sebaiknya bisa dilakukan. Tidak ada sesuatu yang berharga dibayar dengan harga yang murah.

Tentu semua kita faham, ada banyak pengorbanan yang mesti dilakukan. Jika bekerja dengan cara biasa-biasa saja ingin mendapatkan yang luar biasa, tentu salah rumus. Tidak equvalen. Mesti ada sesuatu yang berbeda. Mengerjakan sesuatu dengan cara yang berbeda.

Memang tidak mudah mengukur keberhasilan dengan sebuah pengorbanan. Karena belum tentu berhasil meski dengan pengorbanan yang besar. Apalagi berharap keberhasilan tanpa usaha, sesuatu yang kosong.

Keberhasilan dalam usaha bukan kewajiban yang mesti kita raih. Melakuan usaha yang terbaik adalah kewajiban yang mesti dijalankan. Dalam melakukan itulah nikmat yang mesti disyukuri. Karena menikmati proses, menjalaninya dengan gembira jauh lebih penting ketimbang hasil.

Tidak semua orang senang dengan proses yang mesti dilalui. Umumnya orang senang dengan hasil yang diraih. Hasil yang menyenangkan tentu semua orang harapkan. Tetapi jarang orang yang suka dengan proses padahal proses yang baik, besar kemungkinan akan berhasil dengan baik.

Hidup di dunia ini pun sesunguhnya proses yang mesti dijalani, bagi manusia yang memiliki keyakinan bahwa kehidupan abadi ada di alam akhirat. Maka setiap kita tidak mengetahui dengan pasti apa hasil dari kehidupan di dunia yang singkat ini, dibanding dengan kehidupan akhirat yang selamanya.

Syurga yang tertinggi adalah dambaan setiap manusia. Karena memang Allah telah menyediakannya bagi setiap orang yang memiliki keyakinan kepada Allah dan beramal sholeh. Namun perjalanan di dunia juga tidak mudah, banyak halang dan rintang yang mengikuti perjalanan.

Meski demikian Allah Maha Mengetahui dengan kebutuhan hambanya. Setiap kali kita berbuat salah masih ada pintu maaf, taubat yang terbentang luas selama nafas masih berhembus. Tetapi kita juga perlu ingat, tidak pernah ada yang tahu kapan nafas terakhir yang kita miliki. Hanya Allah yang Maha mengetahui. Kewajiban kita adalah bersegera melakukan kebaikan.

Tulisan ini persis tausiyah… memang tidak salah ini adalah nasihat untuk diri sendiri. Dengan menulis saya sebenarnya sedang menentukan arah dalam sikap yang nyaman dijalani. Nasihat dalam kebaikan itu bagian dari kewajiban diri sendiri, jika tidak pantas untuk orang lain, paling tidak amat berarti bagi diri. Sahabat yang baik adalah sahabat yang mengingatkan kita kepada yang telah menciptakan kita. Meski kadang banyak hal yang kita ingat dari sahabat.. lucu, tawa, sedih, gembira dan semangat. Karena sahabat menjadi tumpahan segala cerita.

Have a nice weekend

Salam hangat sahabat

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s