Rindu dalam tenang

Tidak ada nikmat yang lebih besar kecuali ada dalam ketetangan. Tenang meski badai menghantam, tetap tenang meski begitu pahit untuk ditelan, tetap tenang meski terasa sakit untuk dirasa. Tenang saat menghadapi sesuatu yang tidak menyenangkan, sama pentingnya bersikap tenang saat suka cita dan bahagia.

Ketenangan saat bahagia, melimpahnya segala karunia yang tidak terkira, tetap tidak membuat lupa diri, hilang arah dan mengumbar segala yang ada. Tenang tidak menuntut sesuatu yang bukan hak, tenang tidak melepaskan segala kewajiban. Tenang ada pada garis sewajarnya. Karena sesungguhnya diri ini tidak pernah ada daya dan kekuatan kecuali atas kekuatan yang Maha Kasih dan Sayang.

Tidak mudah mendapat ketenangan dalam hidup. Mempertahankan ketenangan sepajang waktu. Tidak sedikit godaan yang mengganggu ketenangan. Pikiran yang tiba-tiba terjebak dalam kaku. Hati yang tiba-tiba menjadi liar dan gelisah. Saat pagi tenang, belum tentu mendapati sore dengan damai.

Meskipun demikian tidak sulit untuk tetap mampu bersikap tenang, berada dalam kekuatan yang tetap memberikan senyum walau kenyataan begitu pahit. Tenang ada dalam jiwa yang tetap mengikat diri kepada Dzat yang Maha Sempurna. Tenang ada dalam keyakinan yang tidak tergoyahkan. Mengakui lemahnya diri dan tidak ada pertolongan untuk mengatasi segalanya kecuali atas kehendak-Nya.

“Allah telah memberikan ketenangan pada hati orang yang beriman.” Kunci dari ketetangan hati adalah keimanan. Tentu tidak mudah memberikan gambaran detail dan menunjukkan sikap keimanan dalam kehidupan keseharian. Perjalanan panjang melatih diri dalam ketaatan yang panjang, mengikuti apa yang semestinya dilakukan, dan mengembalikan segala urusan kepada yang Maha Mengurus. Karena percaya tidak ada kekuatan lain hanya dengan kekuatan-Nya.

Dalam keyakinan pada-Mu, tidak ada sedikitpun ajaran yang bertentangan dengan hati, segalanya terasa indah jika dapat dipenuhi. Namun terkadang tidak sedikit riak yang ingin lepaskan nafsu membumbung tinggi tanpa kendali. Mendekat pada yang Maha memberi Kekuatan, menguntungkan. Atau biarkan mengikuti nafsu mengkerdilkan jiwa. Pilihan hidup yang mungkin.

“ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.” Ini fomula super bagi orang yang ada dalam kegalauan. Kata yang bukan dengan sebatas lisan untuk memaknai kata ‘mengingat’. Namun segenap hati dan pikiran yang terwujudkan dalam perilaku untuk bisa mencapai tenang dengan mengingat Allah. Memang patut untuk diingat. Dzat yang Maha, dengan 99 sifat yang melekat.

Jangan ingat sesuatu yang membuat tidak tenang. Ingat hutang, pasti pusing. Ingat belahan jiwa berbagi hati, tentu sedih. Ingat-ingatan lain yang menyesakkan dada dan melemahkan pikir tidak ada enaknya. Meski hal itu tidak mudah dilupakan, karena apa yang telah melekat dan menjadi pengalaman dan bagian dalam hidup. Namun menghabiskan energi untuk mencoba lupakan. Justru menjadi makin ingat dan makin tidak mengenakkan.

Membuat sudut pandang baru atas pengalaman tidak mengenakkan jauh lebih penting, dari pada mengabadikan ketidaknyamanan masa lalu. Kebaikan selalu berbuah kebaikan. Tidakkah kita ingin segalanya membaik. Memiliki kehidupan yang baik, keluarga yang baik, sahabat dan kawan yang baik. Tetap bersikap baik dengan kekuatan doa, berharap kepada yang memiliki hati, untuk menetapkan hati dalam ketenangan. Yakin segalanya memiliki jiwa, dan segalanya ada dalam genggaman-Nya. Kembalikan segalanya pada yang Maha Memiliki, dalam tangis diujung malam, memecah langit, dan menggetarkan kebisuan alam. Tiada henti, sampai tiba waktu perjumpaan menatap dalam tangis haru, malu dan rindu. Ya Rabb..

 

*coretan pagi bisu. 26 Maret 2015. 05.45

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s